Friday, April 15, 2011

Kronologi Jatuhnya Pesawat Manchester United

waktu itu pukul 14.19 menara pengawas memberi izin kepada pesawat elizabeth untuk lepas landas tapi di batalin gara2 kapten thain(pilot) liat tekanan port berfluktuasi dan terdengar suara aneh ketika mempercepat pesawat percobaan kedua di buat 3 menit kemudian tapi juga di batalkan karena mesinnya over-accelarated masalah yang udah umum untuk pesawat elizabeth

Setelah percobaan kedua semua penumpang di suruh turun dari pesawat dan nunggu di ruang tunggu bandara. pada waktu itu, udah terlihat salju yang lebat. dan sepertinya ga mungkin untuk mengadakan penerbangan. gelandang MU duncan Edwards mengirim telegram ke manchester yang berisi "All flights cancelled, flying tomorrow. Duncan"

kapten thain ngasih tau ke station engginer tentang masalah tersebut. dan satu2nya opsi adalah menungu sampai pagi buat retunung pesawat. tapi, kapten thain bersikeras untuk tetap pada jadwal. dia menyarankan agar throttlenya di perlambat. ini berarti pesawat g akan mencapai kecepatan take-off sebelum landasan pacu. namun, dengan panjang landasan pacu 2 km, dia percaya kalo itu ga akan jadi masalah. Oleh karena itu, penumpang di panggil lagi ke pesawat hanya setelah 15 menit dari percobaan kedua

Beberapa pemain terlihat tidak yakin. khususnya Liam Whelan. yang terdengar berkata "This may be death, but I'm ready". beberapa pemain seperti Duncan Edwards, Tommy Taylor, Mark Jones, Eddie Colman dan Frank Swift pindah ke belakang yang mereka anggap lebih aman. akhirnya pada 15.03 tepat 1 menit sebelum expired. mereka lepas landas.
Spoiler for Liam Whelan:


[color="Red"]Kapten Rayment perlahan memindahkan throttle ke depan, yang telah disepakati, dan merilis rem; pesawat mulai mempercepat, dan radio petugas Bill Rodgers lewat radio menara kontrol dengan pesan "Zulu Uniform rolling". Saat terkumpul kecepatan, melemparkan lumpur di sekitarnya, Kapten Thain berseru dengan penambahan kecepatan sepuluh knot. Pada 85 knot, mesin port mulai melonjak lagi, dan dia menarik kembali sedikit pada throttle port sebelum hati-hati mendorongnya maju lagi. Begitu pesawat mencapai 117 knot (217 km / h), ia mengumumkan "V1", menunjukkan bahwa mereka telah mencapai kecepatan di mana ia tidak lagi aman untuk membatalkan lepas landas, dan Kapten Rayment(co-pilot) keluar untuk mendengarkan panggilan "V2" (119 knot (220 km / jam)), kecepatan minimum yang dibutuhkan untuk mendapatkan pesawat lepas landas. [22] Namun, ketika Thain melirik kembali ke indikator kecepatan udara, berharap jarum untuk terus meningkat, itu berfluktuasi di sekitar 117 knot sebelum tiba-tiba menurun kembali ke 112 knot (207 km / jam), dan kemudian 105 knot (194 km / jam). rayment(co-pilot) berteriak "Kristus, kita tidak akan berhasil", kemudian thain mendongkak untuk melihat apa yang ada di depannya.

Pesawat tergelincir dari ujung landasan dan menabrak pagar sekitar bandara dan kemudian di seberang jalan sayap robek karena menghantam rumah, rumah dari sebuah keluarga. Sang ayah dan putri sulung sedang pergi pada waktu itu, dan ibu dan tiga lainnya anak lolos dengan hidup mereka saat rumahnya terbakar. Bagian ekor pesawat itu robek juga, sebelum sisi kiri kokpit menabrak pohon. Sisi kanan pesawat itu berakhir di sebuah pondok kayu, di dalam sebuah truk yang dipenuhi dengan ban dan bahan bakar, yang meledak.. Dua penumpang meninggal di kapal, dan ada tiga kematian berikutnya.

Setelah melihat api menjilat di sekitar kokpit, Kapten Thain takut bahwa pembakaran bahan bakar bisa membuat pesawat meledak dan memerintahkan kru untuk mengevakuasi daerah tersebut. Para pramugari, Rosemary Cheverton dan Margaret adalah yang pertama meninggalkan melalui jendela darurat di dapur, dan mereka diikuti oleh petugas radio Bill Rodgers.Thain berteriak kepada Rayment untuk keluar dari tempat duduknya, tapi Rayment terperangkap di kursi pesawat. Rayment berkata ke thain untuk pergi tanpa dirinya. Thain turun dari jendela dapur. [28] Setelah mencapai tanah, ia melihat bahwa api tumbuh di bawah sayap kanan, yang masih memiliki tangki bahan bakar utuh berisi 500 galon (2.300 L) bahan bakar. Dia berteriak kepada anak buahnya untuk menjauh dari pesawat. kemudian thain naik kembali ke pesawat untuk mengambil dua pemadam api, dan berhenti sejenak untuk memberitahu Rayment bahwa ia akan kembali untuk dia ketika kebakaran telah ditangani.

Sementara itu, di dalam kabin penumpang, kiper Manchester United Harry Gregg kembali sadar, setelah berpikir bahwa ia sudah mati. Dia merasa darah mengalir di wajahnya dan dia tidak berani menaruh [tangan] ke kepalanya dia pikir kepalanya sudah seperti telur rebus. kemudian dia melihat seberkas cahaya untuk meloloskan diri.

DAN ini nih daftar korbanny:

Crew members

* Captain Kenneth "Ken" Rayment, co-pilot (selamat, tapi meninggal 3 minggu kemudian)
* Tom Cable, cabin steward


Manchester United players

* Geoff Bent
* Roger Byrne
* Eddie Colman
* Duncan Edwards (survived the crash, but died in hospital 15 days later)
* Mark Jones
* David Pegg
* Tommy Taylor
* Liam "Billy" Whelan

Manchester United staff

* Walter Crickmer, club secretary
* Tom Curry, trainer
* Bert Whalley, chief coach

Journalists

* Alf Clarke, Manchester Evening Chronicle
* Donny Davies, Manchester Guardian
* George Follows, Daily Herald
* Tom Jackson, Manchester Evening News
* Archie Ledbrooke, Daily Mirror
* Henry Rose, Daily Express
* Frank Swift, News of the World (juga merupakan keeper dari MU. wafat dalam perjalanan ke rumah sakit)
* Eric Thompson, Daily Mail

Other passengers

* Bela Miklos, travel agent
* Willie Satinoff, supporter, racecourse owner and close friend of Matt Busby

dan ini nih legenda MU yang terlupakan



Duncan Edwards (1 Oktober 1936 - 21 Februari 1958) adalah seorang pesepak bola Inggris yang bermain untuk Manchester United dan tim nasional Inggris. Dia adalah salah satu dari Busby Babes, tim Amerika muda yang dibentuk di bawah manajer Matt Busby pada pertengahan tahun 1950-an, dan salah satu dari delapan pemain yang meninggal akibat bencana udara Munich.

Lahir di Dudley, Edwards masuk untuk Manchester United sebagai remaja dan kemudian menjadi pemain termuda yang bermain di Liga Sepakbola Divisi Pertama dan kemudian pemain termuda Inggris sejak Perang Dunia Kedua. Dalam karir profesional kurang dari lima tahun ia membantu United memenangkan dua kejuaraan Sepak Bola Liga dan mencapai semifinal Piala Eropa. Meskipun ia selamat dari kecelakaan pesawat terbang tim di Munich pada bulan Februari 1958, dia meninggal akibat luka-lukanya 15 hari kemudian.

dan kematiannya

Pulang dari Belgrade, pesawat membawa Edwards dan rekan timnya jatuh pada lepas landas setelah mengisi bahan bakar di Munich, Jerman. Tujuh pemain dan 14 penumpang lainnya tewas di tempat kejadian, dan Edwards dibawa ke Rechts der Isar sebuah Rumah Sakit. dengan kondisi kaki patah, tulang rusuk retak dan rusak parah ginjal. Para dokter yakin dia dapat pulih. namun, meragukan dia dapat bermain sepakbola kembali.

Dokter memiliki ginjal buatan dilarikan ke rumah sakit untuk dirinya pada hari berikutnya, tetapi organ buatan menurunkan kemampuan darah untuk membeku dan ia mulai mengalami pendarahan internal. Meskipun demikian dikatakan bahwa ia bertanya kepadaasisten manajer Jimmy Murphy "What time is the kick off against Wolves, Jimmy? I mustn't miss that match ". dokter "kagum "pada perjuangannya untuk hidup, [56] tetapi setelah perjuangan lama dia meninggal karena gagal ginjal pada tanggal 21 Februari 1958.

Edwards dimakamkan di Pemakaman Dudley lima hari kemudian, bersama adiknya Carol Anne. Lebih dari 5.000 orang berbaris di jalan-jalan Dudley untuk pemakamannya. batu nisan-Nya berbunyi: "A day of memory, Sad to recall, Without farewell, He left us all ", dan makamnya secara teratur dikunjungi oleh penggemar.

Meskipun lebih dikenang sebagai gelandang bertahan, Edwards mampu beroperasi di posisi manapun ladang yg terpencil di bidang bermain .fleksibilitasnya menbuatnya bisa bermain sebagai striker darurat. aset terbesarnya adalah kekuatan fisiknya dan daya jelajahnya di dalam lapangan, yang dikatakan luar biasa sebagai pemain muda, dan ia sangat terkenal karena stamina yang kuat. Stanley Matthews menggambarkan dia sebagai "seperti batu di lautan mengamuk", [73] dan Bobby Moore menyamakan dia ke Rock Gibraltar ketika bertahan tetapi juga mencatat bahwa dia "dynamic forward". fisiknya membuatnya mendapatkan julukan "Big Dunc" dan "The Tank", [64] dan dia telah menempati ranking teratas di antara pemain paling tangguh sepanjang masa. [74]

Edwards dikenal karena kekuatan dan timing yang bagus dalam tackling dan shooting sama baiknya dengan kedua kaki. dia memiliki tendangan jarak jauh yang bagus. Setelah mencetak gol melawan Jerman Barat pada tahun 1956 ia diberi julukan "Boom Boom" oleh pers lokal karena tembakannya.

No comments:

Post a Comment