Monday, August 30, 2010

Prinsip prinsip kesehatan dan keselamatan kerja

Prinsip prinsip kesehatan dan keselamatan kerja
Pengguna komputer atau user kadang kadang berada di depan komputer berjam jam bahkan berhari hari .hal ini disebabkan karena tuntutan pekerjaan atau hobinya dalam bidang komputer. Agar kesehatan tidak terganggu, maka dibutuhkan kenyamanan dalam menggunakan komputer. Kenyamanan yang dibutuhkan meliputi kenyamanan keadaan user maupun hardware atau perangkat keras komputer. Untuk dapat nyaman di depan komputer, seorang pengguna komputer harus memiliki posisi yang benar, baik posisi duduk ,posisi mata , dan posisi tangan di keyboard
Posisi duduk yang benar di depan komputer antara lain tempat duduk yang ideal dan bersandar, kursi yang ideal bisa diputar dan bisa dapat diatur tinggi rendahnya . tempat duduk yang tidak nyaman apalagi tidak bersandaran dapat mengakibatkan kelelahan pada punggung. Keluhan nyeri punggung paling sering timbul karena posisi duduk yang tidak benar.
Yang kedua adalah posisi mata terhadap layar. Posisi mata pada layar harus lurus dan tidak terlalu tinggi atu rendah. Jika posisi ma5ta lebih tinggi atau rendah maka leher menjadi cepat lelah. Layar yang digunakan sebaiknya juga layar low radiasi. Saat ini sudah ada layar jenis LCD , layar LCD sejuk di mata dan low radiasi. Jika menggunakan CRT, layar diusahakan disetel tidak terlalu terang. Pemberian warna yang terlalu terang dapat mengganggu penglihatan mata sehingga lama kelamaan jadi rabun. Untuk menghindari kerusakan mata , kita juga dapat menggunakan layar anti radiasi.
Demikian juga posisi tangan pada keyboard. tangan paling banyak melakukan aktivitas dibandingkan panca indera lain. Karena hal ini lah, maka posisi tangan pada keyboard harus dibuat senyaman mungkin sehingga tangan tidak cepat lelah. Pilihan tuts keyboard yang lembut dan gunakan jari sebanyak mungkin untuk mengetik. Keluhan lelah pada jari seringkali terjadi pada pengguna komputer.

Kutipan teknologi informasi & kominikasi SMA

No comments:

Post a Comment