Monday, November 23, 2009

[sambungan] sejarah panjang "WINNING ELEVEN (Pro volution Soccer)

Winning Eleven 7 (2003)
Pada Oktober 2003, Winning Eleven 7 kembali dilempar ke pasaran dan tiga bulan kemudian PES 3 muncul di pasaran. Pada versi internasional dari Winning Eleven 7, disediakan Adidas Premium Package yang merupakan edisi terbatas dari Winning Eleven 7. Pada poin ini untuk pertama kalinya serial Winning Eleven muncul di PC dengan nama "World Soccer Winning Eleven 7 International", hal ini terus berlanjut sampai sekarang.

Winning Eleven 8 dan 9
Pada tahun 2004 seperti biasa Winning Eleven kembali memperoleh updatenya dengan nama Winning Eleven 8 dan lagi-lagi PES muncul selang beberapa bulan kemudian. Tunggu dulu, ada sebuah fitur cukup spesial pada Winning Eleven 8 Internasional yang beredar di Jepang. Nama fitur adalah "Winning Eleven 8 Liveware Evolution", dengan fitur tesebut kita bisa melakukan pertandingan via online. Fitur ini hanya tersedia di Jepang dan menjadi ajang uji coba kemampuan online konsol PS2.


PES 5 muncul pada tahun 2005 dan sudah mengusung fitur ini, sayangnya banyak orang yang tidak mengetahui ataupun tidak bisa memakai fitur online tersebut, khususnya di Indonesia yang notabene menggunakan PES 5/WE 8 atau 9 versi bajakan. Fitur online juga tersedia pada semua versi PES ataupun WE yang ada di Xbox, PC dan tentunya PS2. Winning Eleven kembali berlaga di handheld dengan adanya WE 9/PES 5 di PSP, versi ini mengalami penurunan kualitas yang sangat parah karena terbatasnya media UMD yang dipakai oleh PSP. Sekedar informasi versi PSP dari WE terkadang mendapat subjudul "Ubiquitous Evolution" yang artinya evolusi hadir dimana-mana.



PES 6 ataupun WE 10 (2007)
PES 6 ataupun WE 10/2007 merupakan serial pertama yang hadir di konsol next-gen atau lebih tepatnya di konsol milik Microsoft yang bernama Xbox 360. Sayangnya debut pertama WE di konsol next-gen tidak berhasil begitu baik, KONAMI seperti baru mencoba-coba kemampuan konsol tersebut. Hasilnya WE 10 atau yang lebih dikenal sebagai WE X terasa kurang greget dan menuai kritik yang pedas. Bagi pemilik Xbox 360 di tanah air momen ini tidak disia-siakan begitu saja, sejelek apapun WE X tetap saja bagi sebagian orang serial tersebut layak untuk dicoba demi merasakan Winning Eleven yang memakai otot sebuah konsol next-gen. Ada sebuah info menarik pada Winning Eleven 10 versi PC. Dibandingkan KONAMI berspekulasi menggunakan engine WE X yang dipakai oleh Xbox 360, KONAMI lebih suka merilis versi PS2 dari Winning Eleven 10 ke PC. Tentunya KONAMI melakukan polesan di sana-sini demi mendongkrak tampilan Winning Eleven 10 di PC. Perilisan PES6 ataupun WE10 berdekatan dengan rilisnya Winning Eleven DS. KONAMI sekali lagi turun dalam pasaran handheld namun kali ini kurang memakai kelebihan yang ditawarkan NDS sehingga game ini cukup jeblok di pasaran.




Pro Evolution Soccer Winning Eleven 2008
Winning Eleven 2008 merupakan Winning Eleven yang hadir di berbagai platform. Jujur saja bagi yang tidak maniak bola, serial ini terasa sedikit basi dan minim update. Pada versi PS3 game ini hanya mampu berlari di kisaran 30FPS, hal ini cukup mengganggu penggemar Winning Eleven di PS3. Untuk versi PES 2008, masalah ini sudah dihilangkan dan PS3 mendapatkan versi yang lebih baik dari WE 2008.



Pro Evolution Soccer Winning Eleven 2009
Winning Eleven 2009 sudah hadir pada bulan November tahun lalu beberapa perubahan cukup terasa kali ini, para pemain di lapangan sudah tidak nampak seperti pasukan robot yang kaku ketika menerima efek benturan dari pemain lain. Beberapa gerakan ditambahkan untuk menyempurnakan gameplay, tempo permainan masih terasa cepat dibandingkan serial klasik Winning Eleven. Gerakan bola mengalami perubahan total, saat hujan ataupun cuaca buruk larinnya bola seperti mengalami perlambatan yang cukup terlihat secara visual, selain itu kecepatan lari pemain saat hujan berkurang jauh dibandingkan serial sebelumnya.



Pro Evolution Soccer Winning Eleven 2010
nah yang ini masih anget.... kabar terakhir mengidikasikan PES 2010 bakal launching sekitar bulan november tahun ini... sementara menunggu... ane bagiin screenshootnya...


Maaf saya

Sumber:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2079247

No comments:

Post a Comment