bunoto04bunoto01


Buatku Kediri memang tempat paling menyenangkan untuk refreshing. Setelah sibuk berminggu-minggu bekerja, sepertinya melepas lelah di Kediri merupakan alternatif terbagus. Kemarin pun aku baru berlibur lagi di Kediri setelah dua minggu putar-putar. Selain memang sudah kangen dengan ibuku tentunya kangen pula dengan makanan enak khas Kediri.

Kebetulan ada salah satu warung nasi di kawasan Pasar Pahing Kediri yang jadi langganan keluargaku sejak aku kecil. Penjualnya namanya Bu Noto. Dulu lokasi warungnya berada di jalan Cendana samping Pasar Pahing Kediri. Tetapi sesudah ada renovasi pasar, kini lokasinya tepat di ujung barat pasar Pahing jadi masuk jalan Cendana dan HOS Cokroaminoto. Gampang mencarinya, menggunakan spanduk kuning bertuliskan Warung Sederhana. Ketika aku mengunjungi warung ini beberapa waktu yang lalu, Bu Noto langsung menyapa dan menanyakan kabar ibuku saat aku memasuki warungnya.

Perempuan yang sudah cukup tua dan selalu mengenakan kebaya ini memang mengenal baik mamaku. Maklum anak dan cucunya ada yang jadi murid mamaku. Aku langsung tertarik melihat makanan yang tersedia di mejanya. Bu Noto khusus menjual nasi campur. Isinya gudeg, bumbu bali ayam, dan sambal goreng kering tempe. Gudegnya tak seperti gudeg jogya, rasanya tidak manis. Bumbu bali ayamnya terdiri dari berbagai bagaian tubuh ayam seperti dada, paha, sayap, kepala dan lain-laian. Pembeli bisa memilih sesudai selera. Sambal goreng kering tempenya manis dan pedas.

bunoto03

Selain itu ada juga urap dengan berbagai sayuran dan bumbu kepala parut. Pokoknya makan nasi campur bikinan Bu Noto haujek deh.Bu Noto juga menjual lauk tambahan seperti tahu/tempe bacem dan telur dadar goreng. Sedangkan lauk favoritku di sini adalah garang asem yang dibungkus daun pisang. Isinya adalah potongan tulang ayam dan usus ayam. Dimasak dengan santan cair, tomat dan bumbu-bumbu. Rasanya suedep dan pedas. Harganya juga tak mahal. Umumnya pembeli nasi campur bu Noto ini untuk dibawa pulang. Langganannya banyak sekali makanya jika tak ingin kehabisan mesti buru-buru ke warung ini. Sebab warung yang buka pukul 4 sore ini kadang sudah tutup pada jam 8-9 malam. Bila Anda berkunjung ke Kediri silakan coba nasi campur Bu Noto. (rachmira)


bunoto02