Sunday, April 24, 2011

SPECIAL: Jalan Wesley Sneijder Ke Old Trafford Semakin Nyata


Menganggap Sneijder calon pengganti Scholes paling tepat, Ferguson harus merogoh kocek £25 juta.

Dua tahun sudah Sir Alex Ferguson mencari gelandang kreatif untuk menambah kekuatan Manchester United, nama Wesley Sneijder naik ke permukaan mengalahkan kandidat lainnya.

Playmaker Inter itu dianggap sebagai sosok paling tepat menggantikan peran Paul Scholes dan dispekulasikan tidak lama lagi bakal merapat ke Old Trafford dengan transfer senilai £25 juta.

Ferguson nyaris mendatangkan Sneijder di bursa transfer musim panas tahun lalu, tetapi dengan tiga sabuk juara di pinggang plus catatan lima gol di Piala Dunia, harga sang idola di Giuseppe Meazza meroket hingga £35 juta. Buntutnya, transfer mustahil terjadi.

Tetapi situasi sekarang berbeda, keinginan mewujudkan transfer di bursa transfer musim panas mendatang semakin membesar -setidaknya dilihat dari sisi Manchester United dan Sneijder.-

Kisah bermula ketika United menyadari tidak bisa lagi mengandalkan kemampuan Scholes, bahkan tidak untuk satu musim lagi. Tirai keglamoran teater di Old Trafford sudah usai bagi pemain berusia 36 tahun dengan sederet kisah gemilang tersebut. Mendapat kartu merah di semi-final Piala FA melawan Manchester City seperti bel terakhir bagi Scholes.

Sambil menunggu jawaban teka-teki pengganti Scholes yang akan dipilih Fegie, pemain vetaran itu masih dipercaya beraksi di awal musim. Sekali menguasai, bola akan sulit direbut dari kaki Scholes, belum lagi kemampuannya bermain cepat plus mengirimkan umpan akurat di bawah tekanan berat lawan. Kemampuan spesial itu masih ditambah dengan ketepatannya menyepak bola ke arah gawang dari jarak jauh.



Dilahirkan untuk Manchester | Sneijder telah membuktikan diri tampil baik di pentas elit

Luka Modric sempat dianggap sebagai pemain paling natural yang bisa mengatur irama pertandingan, tetapi United enggan memenuhi permintaan Tottenham yang memasang banderol hingga £50 juta bagi bintang asal Kroasia tersebut. Pilihan lainnya hadir dari Blackpool yaitu Charlie Adam, tetapi kemudian dia dianggap angin lalu setelah mengalami penurunan kemampuan.

Fergie mengantongi £50 juta untuk dipergunakan di bursa transfer mendatang, dana itu masih bisa bertambah jika klub berhasil menjual beberapa pemain dan Sneijder bisa dianggap sebagai simbol restrukturisasi klub di samping agenda penambahan di sektor kiper dan striker.

Sneijder sudah terbukti sebagai seorang pemain juara. Gelar liga Champions plus gelar domestik di Italia, Spanyol dan Belanda menjadi bukti. Nama besar yang pernah didatangkan ke Old Trafford seperti Dimitar Berbatov terbilang gagal memperlihatkan penampilan konsisten di level top, namun Sneijder membuktikan hal sebaliknnya. Bukan sekali dua kali dia bisa tampil istimewa di bawah tekanan berat.

Meski tidak mengutarakan secara langsung alias melalui perantara, Sneijder berulangkali mengutarakan keinginan bermain di Liga Primer dalam kondisi puncak. Pemain yang sukses mengantarkan Belanda ke final Piala Dunia 2010 itu tergoda oleh atmosfer tinggi ketika Inter berhadapan dengan Tottenham November tahun lalu dan membuka kemungkinan bermain bersama Rafael Van der Vaart dan Johnny Heitinga di Inggris.

Di usia 26, mantan pemain Ajax Amsterdam dan Real Madrid itu seharusnya berada di masa keemasan, hubungan buruknya dengan pelatih Inter Leonardo bisa menjadi pelicin kepergiannya ke Inggris. Meski baru saja meneken kontrak baru yang berakhir 2015 nanti, Sneijder disebut tidak bahagia dan berpotensi berkostum United.

STATISTIK SNEIJDER BERSAMA INTER
2009-10
Pertandingan = 41
Gol = 8
Assist = 12

2010-11
Pertandingan = 36
Gol = 6
Assist = 7

Koleksi trofi
Serie A
Coppa Italia
Liga Champions
Piala Super Italia
Piala Dunia Antar Klub

Rumor menyebutkan Leonardo tidak menyukai sikap Sneijder di sesi latihan klub hingga dia tidak masuk dalam starter ketika Inter dipermalukan Parma 2-0. Sederet hasil negatif Inter termasuk kekalahan 3-0 di laga derby melawan AC Milan membuat Leonardo dikritisi habis-habisan dan Sneijder menjadi simbol perlawanan dari pemain yang tidak puas.

Musim panas lalu Inter menegaskan Sneijder tidak akan meningggalkan klub, tetapi rumor di Italia berbicara lain. Masa kejayaan Inter mulai pudar situasi ini membuat presiden Massimo Moratti tidak akan ragu memasukkan Sneijder ke dalam dafar jual untuk menebalkan kas klub dan mengganti personil yang sudah dimakan usia.

Tipe permainan Sneijder diyakini bakal dikagumi Stretfor End. Pemain dengan bakat besar itu bisa memanaskan pertarungan dengan umpan dan tembakan akurat. Michael Carrick dan Anderson boleh saja mencatatkan diri tampil menawan, tetapi mereka tidak pernah menjadi kreator untuk menciptakan sebuah episode penentu ketika skor imbang dan waktu pertandingan menyisakan sepuluh menit lagi.

Sneijder tidak akan kesulitan beradaptasi ke posisi gelandang murni atau lebih melebar dalam formasi empat gelandang sejajar. Jangan ditanya bagaimana kemampuannya jika menempati posisi favorit sebagai gelandang serang dalam skema 4-3-3.

Ferguson senang mengubah formasi tergantung pada siapa lawan yang akan dihadapi, tetapi belakangan pelatih itu sering menurunkan pola 4-4-2 untuk memberikan posisi bagi Wayne Rooney dan Javier Hernandez berduet di lini depan. Lebih ke dalam, kemampuan bertahan Sneijder memang masih harus diuji tetapi dia memiliki kemampuan memberi umpan jarak jauh, sesuatu yang begitu diidamkan oleh Manchester United yang belakangan memainkan sepakbola pragmatis ketimbang keindahan.

Di awal kompetisi, penggemar United banyak yang mengeluh karerna klub gagal mendatangkan Van der Vaart dan Sneijder yang dianggap bisa menghadirkan inspirasi dan menyuplai kreatifitas yang terlihat nyata kurang dimiliki ketika mereka dikalahkan Manchester City di Wembley.

Tugas utama Sneijder nantinya adalah mengatur tempo permainan, menjadi pusat komando di lini tengah dan menciptakan ruangan lebih besar di lini depan bagi Nani, Rooney dan Hernandez.

United sudah lama merindukan gol dari lini kedua seperti yang kerap dilakukan Scholes lima atau enam tahun lalu. Fans si Setan Merah selama ini dipaksa menyaksikan gelandang top seperti Frank Lampard dan Steven Gerrard menikmati 15 gol bahkan lebih dalam satu musim.

Kemampuan Sneijder mencetak gol tidak perlu diragukan lagi. Kehebatannya mengarahkan si kulit bundar dari luar kotak penalti ke pojok gawang sudah menjadi ciri khasnya, tidak lupa disebutkan dia pintar dalam melihat peluang set-piece.

Sudah lama Ferguson menjadi pengagum Sneijder. Mengapa? Bintang asal Belanda itu akan menjawab pertanyaan tersebut musim depan.

No comments:

Post a Comment