Saturday, June 19, 2010

Ghana: Junior Juara, Tinggal Seniornya

worldcup.kompas.com


GHANA termasuk salah satu negara yang cukup dominan di Benua Afrika, di samping Kamerun dan Nigeria. Meskipun demikian, mereka baru bisa mengecap panggung Piala Dunia pada tahun 2006 lalu, yang diselenggarakan di Jerman.

Tapi perlu di ingat, tim junior mereka pernah juara Piala Dunia U-20 dua kali. Terakhir tahun 2009, mereka mengalahkan Brasil di final. Jika juniornya bisa, maka sang senior pun akan terpacu dan punya kepercayaan diri. Setidaknya, mereka bisa membuat kejutan besar.

Di debutnya tersebut, "The Black Stars" yang minim pengalaman di Piala Dunia ini tampil impresif dan mengejutkan karena mencatat kemenangan atas dua tim kuat, yaitu Republik Ceko dan Amerika Serikat, untuk maju ke putaran kedua. Sayang, perjalanan mereka terhenti karena dijegal oleh goyangan samba Brasil.

Dalam perjalanan sejarah sepak bolanya, Ghana sempat menguak harapan untuk lolos ke pentas paling bergengsi di dunia ini pada tahun 1962. Mereka sangat perkasa di babak kualifikasi, karena berhasil menang dengan agregat 6-3 atas rival terbesarnya, Nigeria. Sayang, asa itu harus pupus karena di partai penentuan, mereka ditaklukkan oleh Maroko sehingga gagal tampil di putaran final.

Namun, di panggung lain (selain Piala Dunia), Ghana mencatat prestasi yang membanggakan. "The Black Stars" sudah empat kali menjadi juara Piala Afrika, masing-masing pada tahun 1963, 1965, 1978 dan 1982. Tim juniornya pun pernah menorehkan tinta emas di ajang Piala Dunia U-20, karena dua kali menjadi juara, termasuk yang terakhir pada 2009 ini, setelah di final mengalahkan Brasil lewat drama adu penalti.

Selain itu, Ghana juga hampir selalu "menelorkan" pemain-pemain top yang pernah menjadi pemain terbaik Afrika, seperti Osei Koffi, Abdulrazak Karim, Ben Acheampong dan George Al Hassan. Tak ketinggalan pula pemain top era 1990-an, Abedi Pele, yang menjadi bintang klub raksasa Liga Perancis, Olympique Marseille, serta striker legendaris, Anthony Yeboah.

Kini, Ghana masih memiliki materi yang mumpuni. Diperkuat sejumlah nama beken yang merumput bersama klub-klub elite Eropa, seperti Stephen Appiah dan Michael Essien, serta gelandang berbakat Sulley Ali Muntari, striker Matthew Amoahand, bek Samuel Kuffour dan John Mensah, mereka kembali lolos ke putaran final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, setelah melewati perjalanan yang mulus.

Tergabung di Grup D Zona Afrika, Ghana yang gagal di semifinal ketika menjadi tuan rumah Piala Afrika 2008--kekuatan tim menjadi keropos akibat diganggu cedera dan adanya larangan bermain kepada beberapa pemainnya--, mencatat poin yang nyaris sempurna karena dari lima pertandingan yang dilakoni, mereka hanya kalah satu kali dan sekali seri, ketika melakoni duel yang tak menentukan lagi saat melawan Mali, yang berakhir 2-2.

Nah, ini menjadi indikasi Ghana bisa membuat kejutan lagi, bahkan mungkin lebih bagus dari yang sudah ditorehkan empat tahun silam di Jerman. Tetapi sebelum membuktikan kekuatannya di arena pertarungan antara negara-negara sedunia tersebut, tim besutan pelatih Milovan Rajevac (Serbia) ini harus lebih dulu memperlihatkan taringnya di Piala Afrika bulan Januari nanti, yang bisa dikatakan sebagai pentas ujicoba sebelum terjun ke Piala Dunia Afrika Selatan bulan Juni.

Jika dominan lagi di benua sendiri, apakah Ghana bisa melanjutkannya di Piala Dunia yang juga dilangsung di Afrika? Meski masih minim pengalaman (karena baru akan tampil untuk kedua kalinya), tapi Ghana tetap punya potensi membuat kejutan! Minimal, mereka bisa melewati penyisihan Grup D yang dihuni Jerman sebagai tim unggulan, Australia dan Serbia. (Aloysius Gonsaga Angi Ebo)

Statistik

Top skorer: Manuel Agogo (4 gol)

Daftar pemain
Kiper: Richard Kingson (Wigan), Daniel Agyei (Liberty Professionals), Stephen Ahorlu (Hearts of Lions)

Belakang: John Pantsil (Fulham), John Mensah (Lyon), Samuel Inkoom (Basle), Hans Adu Sarpei (Bayer Leverkusen), Rahim Ayew (Zamalek), Lee Addy (Bechem Chelsea), Isaac Vorsah (Hoffenheim), Jonathan Mensah (Granada);

Tengah: Kwadwo Asamoah (Udinese), Anthony Annan (Rosenborg), Sulley Muntari (Inter Milan), Kevin-Prince Boateng (Portsmouth), Quincy Owusu-Abeyie (Al Sadd), Stephen Appiah (Bologna), Andre Ayew (Marseille), Derek Boateng (Getafe)

Depan: Matthew Amoah (NAC Breda), Asamoah Gyan (Rennes), Prince Tagoe (Hoffenheim), Dominic Adiyiah (AC Milan)

worldcup.kompas.com


No comments:

Post a Comment