Thursday, June 17, 2010

Nigeria: Kepak Sayapnya Dinanti di Langit Afsel

worldcup.kompas.com

PENAMPILAN Nigeria di Afrika Selatan ini akan menjadi yang keempat di Piala Dunia. Sebelumnya, mereka sempat hadir di putaran final Piala Dunia 1994, 1998, dan 2002. Pada 1994 dan 1998, Nigeria mentok di putaran kedua dan di 2002, mereka tersingkir di putaran pertama.

Meski belum banyak bicara di putaran final, Nigeria mampu memberikan kejutan-kejutan mencengangkan, misalnya ketika mengalahkan Spanyol 3-2 di Piala Dunia 1998. Saat itu, Nigeria tertinggal 0-1 setelah gol Fernando Hierro. Namun, Mutiu Adejopu mampu menyamakan kedudukan. Javier Clemente kemudian kembali membuat Nigeria tertinggal, sebelum akhirnya Garba Lawal dan Sunday Oliseh bergantian menejbol jaring Spanyol dan membalik keadaan.

Mengacu performa tersebut, Nigeria sebetulnya memiliki potensi sumber daya manusia mumpuni untuk bersaing dengan tim-tim favorit. Dengan dukungn iklim Afrika Selatan yang serupa kondisi negeri mereka, Nigeria berpeluang besar memperbaiki rekor di tiga penampilan sebelumnya.

Di Afsel, Nigeria akan berada di Grup B bersama Argentina, Korea Selatan, dan Yunani. Di atas kertas, Korea Selatan dan Yunani bisa menjadi tiket Nigeria untuk melaju ke babak selanjutnya. Mengingat Nigeria juga punya pengalaman mengalahkan Argentina di final cabang sepak bola Olimpiade Atalanta 1996, bukan tidak mungkin mereka menuntaskan fase grup di Afsel ini sebagai juara grup.

Meski begitu, Piala Dunia selalu sulit diduga. Perhitungan di atas kertas tak selalu sesuai dengan kenyataan. Hanya saja, kepak tim berjuluk "Super Eagles" ini cukup meyakinkan dan seharusnya mampu terbang tinggi di langit Afrika Selatan. (Tjatur Wiharyo)

Statistik:
Topskorer: Kalu Uche (4)

Daftar Pemain:
Kiper:
Dele Aiyenugba (Bnei Yehuda), Austin Ejide (Hapoel Petah Tikvah), Vincent Enyeama (Hapoel Tel Aviv)

Belakang: Dele Adeleye (Sparta Rotterdam), Rabiu Afolabi (Red Bull Salzburg), Elderson Echiejile (Stade Rennes), Chidi Odiah (CSKA Moskwa), Danny Shittu (Bolton Wanderers), Taye Taiwo (Olympique Marseille), Joseph Yobo (Everton)

Tengah: Yusuf Ayila (Dynamo Kiev), Dickson Etuhu (Fulham), Sani Kaita (Alania Vladikavhaz), Nwankwo Kanu (Portsmouth), Haruna Lukman (Monaco), John Obi Mikel (Chelsea), Kalu Uche (Almeria), John Utaka (Portsmouth)

Depan: Yakubu Aiyegbeni (Everton), Obafemi Martins (VfL Wolfsburg), Obinna Nsofor (Malaga), Chinedu Obasi (Hoffenheim), Peter Odemwingie (Lokomotiv Moskwa)

worldcup.kompas.com

No comments:

Post a Comment