Thursday, June 24, 2010

Honduras: Kurcaci yang Bisa Mengejutkan


worldcup.kompas.com

INI baru pengalaman kedua buat Honduras masuk putaran final Piala Dunia. Terakhir, mereka lolos ke putaran final Piala Dunia 1982 di Spanyol. Meski dianggap kurcaci di antara 32 peserta, Honduras bisa sangat mengejutkan.

Di Piala Dunia 1982, pada pertandingan pertama, Honduras menahan Spanyol 1-1. Ini amat mengejutkan dan membuat tuan rumah terancam tersingkir. Beruntung, Spanyol akhirnya menduduki urutan kedua di bawah Irlandia Utara dan akhirnya lolos ke babak selanjutnya. Sedangkan Honduras langsung tersingkir.

Meski begitu, Honduras sempat menahar Irlandia Utara 1-1 dan hanya kalah 0-1 dari Yugoslavia. Meski tersingkir, penampilan mereka cukup mengejutkan dan menakutkan.

Setelah itu, kekacauan politik di negeri itu membuat hampir semua bidang terseok-seok, termasuk sepak bola. Sekarang, Honduras seperti bangkit lagi. Kehadirannya di Piala Dunia 2010 bisa kembali mengejutkan.

Berada di Grup H, mereka kembali bertemu Spanyol. Selain itu, mereka juga akan melawan Cile adan Swiss. Peluang untuk ke babak selanjutnya terbuka.

Di babak kualifikasi, Honduras sudah menunjukkan potensi mereka cukup membahagiakan. Berada di Zona Amerika Tengah, Utara, dan Kepulauan Karibia (CONCACAF), Honduras mampu mengalahkan Meksiko dua kali. Mereka juga mengalahkan Kosta Rika, Trinidad & Tobago, dan El Salvador. Meski kalah dua kali dari Amerika Serikat, posisi mereka cukup bagus hingga lolos langsung ke putaran final. (Hery Prasetyo)

Statistik
Top skorer:
Carlos Pavon (7 gol)

Daftar Pemain:
Kiper:
Ricardo Canales (Motagua), Noel Valladares (Olimpia), Donis Escober (Olimpia)

Belakang: Victor Bernardez (Anderlecht), Maynor Figueroa (Wigan), Oscar Garcia (Olimpia), Sergio Mendoza (Motagua), Emilio Izaguirre (Motagua), Johnny Palacios (Olimpia), Mauricio Sabillon (Hangzhou Luchen), Osman Chavez (Platense)

Tengah: Edgard Alvarez (Bari), Julio Cesar de Leon (Torino), Roger Espinoza (Kansas City Wizards), Amado Guevara (Motagua), Ramon Nunez (Olimpia), Wilson Palacios (Tottenham Hotspur), Hendry Thomas (Wigan), Danilo Turcios (Olimpia)

Depan: David Suazo (Genoa), Georgie Welcome (Motagua), Carlos Pavon (Real Espana), Walter Martinez (Marathon).

worldcup.kompas.com

No comments:

Post a Comment