Wednesday, June 23, 2010

Portugal: Tertatih-tatih tapi Tetap Favorit


worldcup.kompas.com


PORTUGAL
sempat tertatih-tatih di babak kualifikasi. Bahkan, mereka terpaksa melakukan pertandingan play-off lawan Bosnia-Herzegovina untuk lolos ke putaran final. Namun, tim berjuluk "Seleccao das Quinas" ini tetap difavoritkan juara di Piala Dunia 2010 nanti.

Berada di Grup G, Portugal akan bertemu Brasil, Korea Utara, dan Pantai Gading. Ini termasuk grup paling berat. Bahkan, bintang Brasil, Kaka mengatakan, pertarungan di grup ini akan sangat ketat. Portugal merupakan lawan paling berat buat Brasil.

"Portugal tampil untuk mengejar gelar. Maka, mereka akan bermain habis-habisan di setiap laga. Mereka juga didukung pemain-pemain berbakat," jelas Kaka.
Ya, meski sempat tertatih-tatih, tak ada yang berani menyepelekan Portugal. Mereka tetap tim besar. Tak hanya karena memiliki Cristiano Ronaldo, pemain terbaik Eropa dan dunia pada 2008. Namun, pemain lainnya seperti Pepe, Nani, Deco, Simao Sabroza, Ricardo Carvalho dan lainnya cukup sebagai jaminan.

Lihat saja, sempat terancam di babak kualifikasi, mereka segera bangkit. Dalam empat pertandingan, mereka mencetak delapan gol tanpa balas hingga tampil di babak play-off lawan Bosnia-Herzegovina. Portugal pun dengan mudah tampil sebagai pemenang dan lolos ke putaran final.

Kini, mereka tentu sudah semakin siap dan tak mau mengulang kesalahan di babak kualifikasi. Materi pemain meyakinkan. Pelatih Carlos Queiroz pun cukup berkualitas. Sejarah mereka juga cukup hebat.

Portugal pernah masuk semifinal Piala Dunia 1966 di era Eusebio. Terakhir, mereka menjadi finalis Piala Eropa 2004 dan semifinalis Piala Dunia 2006.
Di tingkat junior, mereka juga pernah menjadi juara Piala Dunia pada 1989 dan 1991. Wajar jika mereka ingin memperbaiki prestasi dengan juara Piala Dunia. (Hery Prasetyo)

Statistik
Top Skorer:
Simao (4 gol)

Daftar Pemain:
Kiper:
Eduardo (FC Braga), Beto (FC Porto), Daniel Fernandes (Iraklis)

Belakang: Duda (Malaga), Bruno Alves (FC Porto), Paulo Ferreira (Chelsea), Miguel Brito (Valencia), Ricardo Carvalho (Chelsea), Rolando (FC Porto), Fabio Coentrao (Benfica), Pepe (Real Madrid), Ricardo Costa (Lille)

Tengah: Deco (Chelsea), Tiago (Atletico Madrid), Raul Meireles (FC Porto), Pedro Mendes (Sporting), Miguel Veloso (Sporting Lisbon)

Depan: Nani (Manchester United), Simao Sabrosa (Atletico Madrid), Cristiano Ronaldo (Real Madrid), Hugo Almeida (Werder Bremen), Danny (Zenit St. Petersburg), Liedson (Sporting Lisbon)

worldcup.kompas.com

No comments:

Post a Comment