Saturday, June 19, 2010

Inggris: Sang Pelopor Haus Gelar


worldcup.kompas.com
INGGRIS memang pelopor sepak bola modern. Namun, bukan mereka yang membidani lahirnya FIFA (otoritas sepak bola internasional) dan Piala Dunia.

Inggris masuk anggota FIFA pada 1906. Namun, mereka mengundurkan diri pada 1928. Inggris pun tak mengikuti gelaran Piala Dunia pertama pada 1930. Bergabung lagi ke FIFA pada 1948, Inggris baru merasakan Piala Dunia 1950 di Brasil.

Namun, negeri ini jarang sukses setiap tampil di kejuaraan internasional. Baru pada Piala Dunia 1966 yang digelar di negeri mereka, Inggris sukses menjuarainya. Di final, mereka mengalahkan Jerman Barat melalui perpanjangan waktu. Partai ini menyisakan kontroversi hingga sekarang, karena gol Geoff Hurst sebenarnya belum melewati garis gawang.

Setelah sukses itu, prestasi terbaik mereka adalah masuk semifinal Piala Dunia 1990. Enam tahun kemudian, mereka menjadi tuan rumah Piala Eropa. Berharap mengulang sukses Piala Dunia 1996, mereka gagal di semifinal.

Itu pula sebabnya, "The Three Lions" sangat haus gelar internasional. Mereka tak ingin dicap pelopor sepak bola modern yang kemudian tertinggal dari tim lainnya.

Kesialan kembali menimpa mereka pada 2008. Memiliki liga terbaik dan segudang pemain, mereka malah gagal maju ke putaran final Piala Eropa di Swiss dan Austria. Kegagalan itu amat memukul rakyat Inggris. Apalagi, sepak bola sudah menjadi bagian terpenting dalam hidup mereka.

Pelatih Steve McClaren langsung dipecat dan Inggris berharap besar kepada pelatih Italia, Fabio Capello. Pelatih bertangan dingin ini dikontrak Inggris pada Desember 2007.

Hasilnya terasa. Capello langsung mengubah tradisi dan budaya pemain. Jika sebelumnya mereka bersikap seperti selebritis dan bebas membawa pacar atau istrinya ketika tampil di turnamen, kini tidak lagi.

Capello menerapkan kedisiplinan tinggi. Pemain tak bisa seenaknya berpesta atau hura-hura. Ikut peraturannya, atau tidak masuk timnas. Itu yang ditekankan Capello.

Inggris pun bangkit. Mereka menjadi tim yang kembali ditakuti. Dalam perjalanan babak kualifikasi, Inggris tampil memesona. Mereka hanya kalah sekali dan menjuarai Grup 6 dengan meyakinkan.

Kroasia yang sebelumnya menggagalkan Inggris lolos ke Piala Eropa 2008, dihajar 4-1 dan 5-1. Satu-satunya kekalahan terjadi di kandang Ukraina (0-1). Namun, secara keseluruhan Inggris telah bangkit sebagai kekuatan baru yang makin menakutkan. Bahkan, tim ini difavoritkan juara Piala Dunia 2010, selain Spanyol dan Belanda. (Hery Prasetyo)

Statistik
Top skorer: Wayne Rooney (9 gol)

Daftar Pemain
Kiper:
Joe Hart (Manchester City), David James (Portsmouth), Robert Green (West Ham)

Belakang: Jamie Carragher (Liverpool), Ashley Cole (Chelsea), Ledley King (Tottenham), Michael Dawson (Tottenham), Glen Johnson (LIverpool), John Terry (Chelsea), Matthew Upson (West Ham), Stephen Warnock (Aston Villa)

Tengah: Gareth Barry (Manchester City), Michael Carrick (Manchester United), Joe Cole (Chelsea), Steven Gerrard (Liverpool), Frank Lampard (Chelsea), Aaron Lennon (Tottenham), James Milner (Aston Villa), Shaun Wright-Phillips (Manchester City)

Depan: Peter Crouch (Tottenham), Jermain Defoe (Tottenham), Emile Heskey (Aston Villa), Wayne Rooney (Manchester United)
worldcup.kompas.com

No comments:

Post a Comment