Wednesday, June 16, 2010

Perancis: Ayam Jago?

worldcup.kompas.com

HANDSBALL Thierry Henry di leg kedua babak play-off Piala Dunia 2010 Afrika Selatan melawan Irlandia membuat Perancis menutup laga dengan skor imbang 1-1. Tim "Ayam Jago" pun lolos ke putaran final dengan keunggulan 2-1.

Hal itu mengundang kontroversi besar. Karena menilai Perancis tak bakal lolos tanpa lewat jalan "haram", sejumlah kalangan pun menilai, Perancis tak mampu bicara banyak saat putaran final mendatang.

Dengan menutup babak kualifikasi finis sebagai runner-up Grup 7 dengan 21 poin, Perancis memang tidak bisa disebut pantas menyebut diri sebagai kandidat peraih juara. Apalagi, mereka hanya berselisih satu angka dari Serbia di puncak klasemen.

Keraguan sejumlah kalangan soal buruknya keseimbangan permainan Perancis juga mengacu kepada rekor enam kemenangan, tiga hasil imbang, dan sekali kalah selama babak kualifikasi. Torehan 18 gol berbanding kebobolan sembilan gol menunjukkan belum optimalnya Thierry Henry dkk mengeksplorasi kemampuan mereka.

Namun, terlepas dari kontroversi dan pendapat para pengamat, Perancis telah merebut tiket ke Afrika Selatan. Perancis harus menjadikan momentum ini untuk memulihkan nama baik mereka. Tentu saja, tersingkir di babak awal cuma akan membuat mereka semakin dicibir dan betul-betul dipandang tidak layak berangkat ke Afrika Selatan. (Tjatur Wiharyo)

Statistik:
Topskorer:
Thierry Henry, Andre-Pierre Gignac (4)

Daftar Pemain:
Kiper:
Hugo Lloris (Olympique Lyon), Steve Mandanda (Marseille), Cedric Carrasso (Girondins Bordeaux)

Belakang:
William Gallas (Arsenal), Eric Abidal (Barcelona), Bakary Sagna (Arsenal), Patrice Evra (Manchester United), Gael Clichy (Arsenal), Marc Planus (Bordeaux), Anthony Reveillere (Lyon), Sebastien Squillaci (Sevilla)

Tengah: Abou Diaby (Arsenal), Alou Diarra (Bordeaux), Yoann Gourcuff (Bordeaux), Florent Malouda (Chelsea), Jeremy Toulalan (Lyon)

Depan: Nicolas Anelka (Chelsea), Djibril Cisse (Panathinaikos), Andre-Pierre Gignac (Toulouse), Sidney Govou (Lyon), Thierry Henry (Barcelona), Franck Ribery (Bayern Munich), Mathieu Valbuena (Marseille)

worldcup.kompas.com

No comments:

Post a Comment